VIDEO KLIP MENGATASI KENDALA BAHASA

Video klip musik  memiliki salah satu keunggulan sebagai salah satu daya tarik marketing bagi sebuah lagu. Sebuah gambar bergerak mampu mengatasi kendala bahasa sehingga sebuah lagu diterima lebih luas oleh masyarakat. Bahkan, sebuah yang berbahasa asing mampu diterima oleh pendengar yang memiliki bahasa ibu yang berbeda atau  tidak memiliki kapasitas untuk memahami bahasa tersebut.

Contoh yang paling real adalah bagaimana para pendengar musik korea bukanlah mereka yang mampu memahami bahasa korea. Namun, berkat adanya video musik, para pendengar menjadi memahami atau “merasa” memahami apa makna dan lagu tersebut. Selanjutnya, mereka pun bisa memaknai lagu tersebut dan mengkaitkannya dengan pengalaman pribadi pendengar.

Tentu saja ini keunggulan video. Di era internet saat produk video sangat mudah diakses dan disebarluaskan, video bagi sebuah produk musik menjadi semacam hal yang wajib dalam hal agar bisa merangkul pendengar yang lebih luas. Kendala bahasa mampu diatasi dengan video komunikatif yang mampu memvisualisasikan musik dan liriknya dengan baik.

Maka, inilah salah satu peluang bagaimana bangsa kita bisa mempromosikan produk-produk musik lokal Indonesia. Dengan video yang memiliki bahasa universal, tentunya, ia mampu membantu karya-karya anak bangsa untuk dikenal lebih di dunia Internasional.

Lagu berbahasa korea yang mampu merangkul pendengar dari berbagai bangsa dengan latar belakang bahasa yang berbeda berkat video musiknya.

Lathi adalah karya Weird Genius band dari Indonesia yang sempat menjadi trending song di Asia. Lathi sendiri berasal dari bahasa Indonesia. Kendati didominasi oleh lirik bahasa Inggris, namun sound instrumen musik mengingatkan kita pada gamelan dan fragmen-fragmen visualnya dipenuhi properti yang mengingatkan kita pada seni pertunjukan lokal Indonesia. Peribahasa bahasa jawa itu pun menjadi tersebar luas. Hal ini merupakan contoh positif dari penyebaran local wisdom kepada masyarakat yang lebih luas melalui video musik.

Leave a Reply

Close Menu