APA PENTINGNYA VIDEO DALAM PRODUKSI MUSIK

Tulisan ini akan membahas mengenai pentingnya video dalam produksi musik pada era ini. Video dalam sebuah produksi musik semakin dianggap penting. Dulunya, video musik adalah produk yang tidak perlu. Namun, di era sekarang, sebuah musik seperti diharuskan memiliki visualisasi videonya sendiri. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi.

Video adalah produk yang sangat penting dalam dekade ini. Setidaknya sesudah Youtube pada 2005 muncul dan perlahan menggeser cara manusia mengakses musik. Dari yang sebelumnya mendengarkan melalui radio atau menyaksikan pertunjukan secara langsung, kini jika ingin mendengarkan musik, video klip nya lah yang akan dirujuk pertama kali.

Karena terbiasa dengan musik dan video, orang tidak hanya meluangkan waktu untuk menikmati musik melalui pemutar musik, namun terdorong untuk menikmati videonya sekaligus. Pencapaian kesuksesan di pasar pun diukur dari jumlah views video atau berapa banyak orang yang menonton video musiknya. Kita tahu bahwa views adalah tolok ukur berapa banyak orang menonton video bukan untuk mengukur jumlah pendengar. Namun, sekarang semakin terintegrasi, jika ingin mengetahui kesuksesan sebuah lagu, yang dijakan tolok ukur penting adalah jumlah pemirsa pada musik tersebut. Hal ini semakin menagaskan, bahwa video merupakan produk seni yang tidak dapat dilepaskan dari musik pada jaman sekarang.

Video semakin lama semakin penting. Secara historis, ketika orang hanya dapat mendengar musik dari radio atau pertunjukan langsung, pendengar tidak membutuhkan video untuk mengapresiasi sebuah karya musik. Melalui media audio, mereka menginterpetasikan musik tanpa melihat kejadian musiknya. Konsekuensinya, setiap manusia memiliki gambaran sendiri-sendiri mengenai musik yang didengarnya. Beberapa dekade lalu, ketika televisi merajai media di dunia, video musik menjadi sebuah pilihan. Beberapa artis dan label memproduksi video untuk kepentingan promosi musiknya. Dalam era ini video musik bukanlah suatu keharusan. Pada album yang berisi 10-12 lagu, produser hanya mengedarkan 3 video musik sebagai media promosinya. Selain karena proses produksi membutuhkan biaya tinggi, tentu saja dengan 3 video mereka sudah bisa menjual album fisik dan mendapatkan pemasukan yang signifikan dari live show. Semenjak kehadiran video di internet, video merupakan bagian wajib dari sebuah lagu. Jika seorang atau sekelompok artis mengunggah lagu baru, dalam waktu singkat mereka dituntut untuk membuat video. Bahkan sejak produksi musiknya, video sudah direncanakan. Tanpa video, mereka akan sangat sulit memperluas audiens mereka.

Leave a Reply

Close Menu